GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Penguasaan Diri

Apa yang dimaksud dengan perkataan "Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya" (25:28)? Mengendalikan atau menguasai diri berarti menahan diri untuk tidak melakukan suatu keinginan. Bila hidup kita dikuasai oleh keinginan duniawi, kita akan mudah untuk terjerumus ke dalam dosa. Rasul Yohanes menjelaskan bahwa keinginan duniawi yang tidak berasal dari Allah itu terdiri dari keinginan daging (hawa nafsu), keinginan mata (keserakahan), dan keangkuhan hidup (kesombongan), dan bahwa dunia ini sedang lenyap dengan segala keinginannya (1 Yohanes 2:16-17). Kita bertanggung jawab untuk menguasai diri dengan pertolongan Tuhan (1 Petrus 4:7). Kitab Amsal menjelaskan bahwa orang yang bisa menguasai diri adalah orang yang perkasa, sedangkan orang yang tidak dapat menguasai diri gampang jatuh oleh godaan dosa (Amsal 16:32; 25:28).

Kita memerlukan kekuatan Allah untuk dapat menguasai diri dalam segala hal. Kita bersyukur karena Roh Kudus berkenan untuk berdiam dalam diri setiap orang percaya serta memunculkan buah penguasaan diri. Pertama, Roh Kudus menolong kita untuk bisa menyerahkan anggota-anggota tubuh kita kepada Allah agar bisa dipakai untuk melakukan hal-hal yang berfaedah, yaitu yang baik dan yang benar. Kedua, Roh Kudus menolong kita untuk bisa mengalahkan godaan dan pencobaan serta menolong kita untuk tidak menjadi godaan atau cobaan bagi orang lain. Penguasaan diri akan memungkinkan kita untuk bisa terus bertumbuh menjadi semakin dewasa di dalam Kristus, sehingga kita dapat menampilkan karakter seperti Kristus dalam kehidupan kita. [AMS/P]

2 Timotius 4:5
Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!

Rekaman Khotbah Terbaru