GKY Sydney - Gereja di Sydney yang Mulia dan Misioner

Gereja Kristus Yesus di Sydney AustraliaTransformational Church ~ Transforming people to transform the world (2 Kor 3:18)

Navigation

Hari-hari Raya Israel

Hari-hari raya Israel berkaitan dengan sejarah dan kehidupan bangsa Israel, sehingga tidak relevan bagi kita pada saat ini. Oleh karena itu, orang Kristen merayakan hari raya yang berbeda dengan orang Israel, yang lebih sesuai dengan pengalaman orang Kristen masa kini.

Hari-hari raya yang dikemukakan dalam pasal ini terdiri dari hari raya mingguan (Sabat) dan hari-hari raya tahunan. Hari raya Paskah (Pesach, 23:5) yang diikuti dengan hari raya Roti Tidak Beragi (23:6-8) merupakan peringatan atas tindakan Allah membebaskan bangsa Israel dari penjajahan di tanah Mesir. Hari raya Panen Pertama (23:9-14) dan hari raya Tujuh Minggu (Pentakosta atau shavouth, 23:15-22) merupakan pengucapan syukur atas datangnya musim panen. Hari raya Peniupan Serunai (Rosh Hasanah, 23:23-25) dan hari raya Pendamaian (Yom Kippur, 23:26-32) merupakan saat pertemuan kudus. Hari raya Pendamaian sebenarnya bukan suatu perayaan, melainkan merupakan saat untuk merendahkan diri dan berpuasa di hadapan Tuhan untuk mengadakan pendamaian dengan Tuhan. Hari raya Pondok Daun (Succoth, 23:33-44) merupakan peringatan atas pemeliharaan Tuhan saat bangsa Israel berada dalam perjalanan dari Tanah Mesir menuju tanah Kanaan.

Pada masa Perjanjian Baru, Sabat sebagai hari untuk perkumpulan kudus telah diganti dengan Minggu sebagai waktu untuk beribadah dan untuk beristirahat, sesuai dengan kebiasaan gereja mula-mula. Hari raya Paskah dan Pentakosta tidak relevan lagi, sehingga keduanya diberi arti baru, yaitu sebagai peringatan atas kebangkitan Kristus dan turunnya Roh Kudus. Hari raya Pendamaian tak diperlukan lagi karena Kristus telah menjadi Pendamaian untuk segala dosa kita (1 Yohanes 2:2) [P]

1 Yohanes 2:2
"Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia."

Rekaman Khotbah Terbaru