GKY Sydney Transformational Church - Transforming People To Transform World
Transformational Church - Transforming People To Transform World
GKY-Int-Ext-2.jpg

Tentang Kami

Transformational Church

Sejarah GKY


Gereja Kristus Yesus disingkat GKY didirikan atas dasar pengakuan bahwa Yesus Kristus adalah satu-satunya Dasar Gereja dan Kepala Gereja sebagaimana tercantum dalam Alkitab, yaitu Matius 16:18, 1 Korintus 3:11, dan Kolose 1:18. Atas dasar pengakuan tersebut, maka Gereja Kristus Yesus adalah bagian integral dari Gereja yang kudus dan am (universal).

Gereja Kristus Yesus berdiri pada tanggal 3 Juni 2002. Keberadaan Gereja Kristus Yesus adalah pengembangan dari Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar (GKJMB) yang telah berdiri sejak tanggal 3 Juni 1945.

Oleh sebab itu, Gereja Kristus Yesus memiliki kesatuan sejarah dengan Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar (GKJMB) yang merupakan hasil perintisan dari jemaat Chung Hua Chi Tuh Chiao Hui (CHCTCH) Kuo Yu Thang di Jakarta. Sejarah perkembangan tersebut berawal dari perintisan pelayanan dalam bahasa Tionghoa oleh sebagian anggota jemaat CHCTCH Gang Ketapang pada Agustus 1944, yang disebut "Kuo-yu Pu". Dalam perkembangannya, Kuo-yu Pu didewasakan menjadi jemaat otonom pada tanggal 3 Juni 1945 dan disebut Chung Hua Chi Tuh Chiao Hui (CHCTCH) Kuo Yu Thang yang menempati gedung gereja yang tetap di Jalan Mangga Besar I / 74 (Gang Komandan), Jakarta. Di tempat ini jemaat dikenal sebagai CHCTCH Kuo Yu Thang Mangga Besar.

Sejalan dengan perubahan nama CHCTCH menjadi Gereja Kristus sebagaimana disahkan dalam Surat Keputusan Departemen Agama Republik Indonesia No. H/II/2918 tertanggal 11 Mei 1963, maka nama CHCTCH Kuo Yu Thang Mangga Besar berubah menjadi Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar. Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar adalah jemaat otonom dalam wadah Sinode Gereja Kristus yang terdaftar di Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI). Status otonom Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar dipertegas dengan Surat Keterangan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Kristen) Protestan Departemen Agama Republik Indonesia No. E/Ket/200/1029/79 tertanggal 9 April 1979.

Dengan mempertimbangkan kepentingan pengembangan pelayanan internal dan eksternal maka pada tanggal 3 Juni 2002, GKJMB yang memiliki 11 jemaat dan 13 pos membentuk Sinode Gereja Kristus Yesus.

Dengan menjunjung tinggi Alkitab yang adalah Firman Allah, Gereja Kristus Yesus disingkat GKY bertekad menjalankan misi Allah bagi dan melalui gereja-Nya (missio ecclesiae) dalam bentuk persekutuan, pelayanan, dan kesaksian dengan visi "Gereja yang Mulia dan Misioner

Visi dan Misi GKY


A. VISI
Visi Gereja Kristus Yesus adalah "Gereja yang Mulia dan Misioner", yaitu Gereja yang menyatakan kehadiran Kerajaan Allah dan nilai-nilaiNya ditengah dunia dalam seluruh aspek kehidupan.

B. MISI
Misi GKY terdiri dari lima unsur misi Allah bagi Gereja di tengah dunia (Missio Ecclesiae), yaitu:

  1. Ibadah (Worship).
  2. Persekutuan (Fellowship).
  3. Pembinaan/Pendidikan (Church Education).
  4. Penginjilan (Evangelization).
  5. Pelayanan Sosial (Social Concern).

Lima Unsur Misi gereja tersebut berjalan di dalam keseimbangan yang dapat digambarkan sebagai "Bintang dengan Lima Sudut", yang melambangkan:
a. Keseimbangan misi gereja sebagai "Gereja yang Misioner".
b. Tujuan akhir misi gereja, yakni "Gereja yang Mulia".

C. PENJABARAN/DESKRIPSI MISI GKY

  1. Misi dalam bidang ibadah.
    Membangun hubungan vertikal (ibadah) antara "orang percaya" dengan Allah di dalam persekutuan yang berdasar karya penebusan Yesus Kristus di Kayu Salib (Ibrani 10:19-25, Yudas 1:20).
  2. Misi dalam Persekutuan
    Mewujudkan persekutuan anggota jemaat sebagaimana yang berdasarkan karya penebusan Yesus (Yoh 15:1-17; Yoh 17:1-26) serta teladan yang diberikan gereja mula-mula (Kis 2:41-42).
  3. Misi dalam bidang Pembinaan/Pendidikan.
    Membina jemaat didalam segala segi kehidupan untuk bertumbuh didalam segala hal ke arah Kristus yang adalah Kepala, sehingga mampu hadir dan berkarya sesuai dengan dasar Firman Tuhan di tengah pergumulan dunia sesuai dengan konteks jamannya. (Efesus 4:11-15).
  4. Misi dalam bidang Penginjilan.
    a. Membentuk jemaat misioner (penginjilan menjadi gaya hidup jemaat) untuk mengemban tugas pemberitaan Injil sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Tuhan Yesus Kristus (Mat 28:18-20; Mark 16:15-16).
    b. Menjangkau jiwa-jiwa bagi Kristus khususnya diseluruh propinsi di Indonesia dengan hadir dan menjadi rekan bagi gereja-gereja setempat yang sudah ada.
    c. Memberitakan Injil Kerajaan Allah dan nilai-nilainya di tengah masyarakat melalui pelayanan dan kehadiran gereja di tengah masyarakat (menyuarakan suara kenabian).
  5. Misi dalam bidang Pelayanan Sosial.
    a. Menjadi saluran kasih Tuhan bagi jemaat baik di lingkungan GKY maupun jemaat secara umum (Galatia 6:10) di dalam aspek spiritual, moral maupun material.
    b. Menjadi saluran kasih Tuhan bagi masyarakat secara umum (Galatia 6:10) untuk menggenapi misi Allah yang holistik.

Pengakuan Iman


Kami percaya kepada Allah Yang Esa yang memiliki tiga pribadi yang setara di dalam kekekalan, yaitu: Allah Bapa, Allah Putra (Tuhan Yesus Kristus), dan Allah Roh Kudus yang adalah Pencipta dan Pemelihara alam semesta ini.

Kami percaya kepada Yesus Kristus yang adalah satu-satunya Juruselamat manusia; Allah Anak yang Kudus dan lahir dari anak dara Maria; yang hidup tanpa dosa, disalibkan dan mati untuk menebus manusia yang berdosa, bagkit dari antara orang mati pada hari ketiga, naik ke sorga dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa untuk menjadi Pengantara bagi umatNya sebagai Imam Besar yang sempurna, dan akan datang untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

Kami percaya kepada Roh Kudus yang menginsyafkan manusia berdosa supaya bertobat dan percaya kepada Yesus Kristus; yang melahirbarukan orang percaya menjadi anak-anak Allah; yang memateraikan setiap orang percaya sebagai warga Kerajaan Allah, yang memimipin orang percaya kepada kebenaran Allah yang sejati; serta yang memperlengkapi setiap orang percaya dengan karunia-karunia rohani untuk pelayanan tubuh Kristus.

Kami percaya bahwa Alkitab, yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, adalah pernyataan/wahyu Allah yang sempurna, yang diilhamkan oleh Roh Kudus, dan merupakan otoritas tinggal dan mutlak bagi iman, moral, dan kehidupan semua orang percaya (II Tim 3:16-17).

Kami percaya bahwa manusia diciptakan oleh Allah menurut gambar dan rupaNya, namun manusia telah jatuh ke dalam dosa sehingga kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3:23) dan menanggung upah dosa, yaitu maut (Roma 6:23).

Kami percaya bahwa Allah sangat mengasihi manusia sehingga megaruniakan anakNya Yang Tunggal, yaitu Yesus Kristus supaya setiap orang yang percaya dan menerimaNya sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi diselamatkan dan beroleh hidup kekal (Yoh 3:16).

Kami percaya bahwa setiap orang percaya menerima baptisan Roh Kudus pada saat ia beriman dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan JuruselamatNya.

Kami percaya bahwa setiap orang percaya perlu menyatakan imannya di depan umum melalui memberi diri dibaptis dengan baptisan air sebagai lambang persekutuan dengan kematian dan kebangkitan Yesus Kristus.

Kami percaya kepada satu Gereja yang Kudus dan Am(universal), yaitu persekutuan semua orang percaya kepada Yesus Kristus dari segala abad dan tempat, yang terpanggil untuk hidup dalam kasih dan kekudusannya, taat kepada kebenaran Firman Allah dan menjadi saksi Kristus untuk memberitakan Injil ke seluruh permukaan bumi.

Kami percaya bahwa Gereja adalah tubuh Kristus dimana setiap anggotanya dengan teguh berpegang pada kebenaran di dalam kasih, saling melayani, serta bertumbuh bersama untuk mencapai kedewasaan penuh di dalam segala hal ke arah Kristus Yesus yang adalah Kepala Gereja (Efesus 4:11-16).

Kami percaya dan memiliki pengharapan penuh bahwa Tuhan Yesus akan datang kedua kalinya untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati. Setiap orang yang telah menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat pribadinya akan menerima tubuh kebangkitan dan memperoleh kehidupan kekal di surga, sedangkan setiap orang yang tidak menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Jururselamatnya akan mengalami hukuman kekal.