GKY Sydney Transformational Church - Transforming People To Transform World
Transformational Church - Transforming People To Transform World
gema.jpg

GEMA

Renungan Harian GEMA GKY Sydney

Dicari: Gembala Yang Baik

Bacaan Alkitab hari ini : Yeremia 23

Meski bukan satu-satunya penyebab atau solusi dari berbagai masalah sebuah bangsa, para pemimpin adalah faktor penentu sehat atau sakitnya sebuah bangsa. Pasal ini kembali menunjukkan sikap Allah terhadap kepemimpinan yang bobrok: 

Pertama, Allah menentang dan akan membuat perhitungan (menjatuhkan hukuman) yang setimpal dengan para pemimpin Yehuda yang tidak melaksanakan fungsi mereka sebagai gembala bagi rakyat (23:1-2). Para pemimpin yang dimaksud adalah terutama para pemimpin rohani (imam dan nabi palsu) yang berani memalsukan mimpi, nubuat, bahkan Firman Tuhan, sehingga rakyat terlena dalam kesesatan, merasa aman melakukan berbagai ketidakadilan sosial, dan akibatnya menuai hukuman Allah berupa terserak ke negeri pembuangan (23:9-40). 

Kedua, Allah menjanjikan hadirnya para pemimpin baru yang benar-benar menggembalakan rakyat (23:3-4). Allah juga menjanjikan datangnya Tunas Daud, Sang Mesias, Pemimpin Sejati yang memiliki hikmat (bijaksana) dan kualitas moral (adil dan benar), sehingga mampu menghadirkan keselamatan yang membuat Israel dan Yehuda hidup dengan damai dan aman, bahkan kembali menjadi satu bangsa (23:5-8). Yesus Kristuslah Tunas Daud, Sang Mesias yang dijanjikan Allah itu, Gembala yang berkurban diri demi keselamatan domba-domba-Nya. 

Apakah Anda melihat banyak pemimpin bangsa dan gereja yang bobrok? Doakan agar mereka menjadi pemimpin yang lebih baik. Berdoalah agar Allah menghadirkan generasi pemimpin baru yang bersedia dan mampu menggembalakan rakyat dan jemaat. Doakan diri Anda agar Anda bisa mengikuti teladan Kristus, memainkan peran kepemimpinan yang menjadi berkat, dan menghadirkan perubahan yang baik di lingkungan sekitar. [ICW]

“Sungguh, baik nabi maupun imam berlaku fasik; 
di rumah-Ku pun juga Aku mendapati kejahatan mereka, demikianlah firman TUHAN.” 
Yeremia 23:11