GKY Sydney Transformational Church - Transforming People To Transform World
Transformational Church - Transforming People To Transform World
gema.jpg

GEMA

Renungan Harian GEMA GKY Sydney

Apa Mimpi Besarmu Bagi Gereja?

Bacaan Alkitab hari ini : Yeremia 33

Pasal ini adalah penutup janji pemulihan bagi umat Israel yang akan berada di pembuangan, yang dimulai dari pasal 30. Lewat pasal-pasal ini, Yeremia mengajak bangsanya untuk berani memimpikan hal-hal besar di masa depan dalam terang janji pemulihan Allah (33:3). 

Garansi atas janji pemulihan adalah Nama Tuhan sendiri (33:2). Inilah bukti kuat kerinduan Allah memulihkan Israel, bukan hanya sebagai jawaban doa, tetapi juga sebagai bagian rencana kekal-Nya bagi bangsa Israel. Walaupun janji ini tidak membebaskan mereka dari kehancuran dan pembuangan yang akan terjadi (33:4-5), tetapi janji ini memberi gambaran yang jelas tentang pemulihan menyeluruh yang akan Allah lakukan bagi mereka melalui hadirnya pemerintahan Mesias (33:6-13). Janji Allah semakin konkret dengan menjamin keberadaan dua simbol resmi kepemimpinan bangsa Israel, yakni raja dan imam (33:17-23). Di pembuangan, tak ada lagi raja maupun ibadah di Bait Allah, sehingga peran raja dan imam seakan hilang. Tak heran bila muncul cemooh bahwa Allah telah menolak kaum keluarga Daud dan Lewi. Oleh karena itu, Allah menegaskan lagi janji kasih sayang dan pemulihan-Nya terhadap keturunan Daud maupun terhadap bangsa keturunan Abraham, Ishak, dan Yakub (33:24-26). Visi Allah bagi Israel dan bagi gereja sesungguhnya sama, yakni membentuk umat yang rajanya adalah Allah dan menuntun segala bangsa datang kepada Allah. Doakanlah dan beranilah mengharapkan dan mengupayakan hal-hal besar terjadi atas gereja Anda dan melalui gereja Anda, terutama agar gereja menjadi komunitas yang serius merajakan Kristus dan menuntun masyarakat sekitarnya untuk mengenal dan menyembah Tuhan Yesus. [ICW]

“Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, 
bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:” 
1 Petrus 2:9