GKY Sydney Transformational Church - Transforming People To Transform World
Transformational Church - Transforming People To Transform World
gema.jpg

GEMA

Renungan Harian GEMA GKY Sydney

Jangan Menyalahgunakan Wewenang

Bacaan Alkitab hari ini : Yeremia 50

Babel dipakai Tuhan untuk menghukum bangsa-bangsa di pasal 46-49. Sekalipun demikian, dua pasal berikutnya menunjukkan bahwa Babel juga berada di bawah kuasa penghukuman Allah. Allah mendeklarasikan perang melawan Babel dan dewa-dewa Babel, serta mengutus bangsa dari Utara untuk menghukum mereka, sama seperti Nebukadnezar datang dari utara untuk menghukum Yehuda (50:1-3, 1:11-15). 

Allah melihat bahwa umat Israel di pembuangan seperti kawanan domba tanpa gembala, sehingga Ia memanggil mereka keluar dari Babel sebelum penghukuman terhadap Babel terjadi, karena bangsa-bangsa dari utara itu akan sukses menghancurkan Babel (50:4-10, 21-27). Dosa Babel adalah merampok Yehuda, bersikap kurang ajar—yakni bertindak melampaui yang Allah ijinkan dalam menghukum Yehuda, misal: membakar Bait Suci (50:28-32)—serta karena negeri Babel penuh berhala (50:38). Allah akan memakai tentara yang kejam dari berbagai bangsa (Media, Persia, dan Yunani) untuk menghukum Babel, sama seperti yang pernah Allah lakukan terhadap Asyur --yang dipakai-Nya untuk menghukum umat kerajaan Israel utara—serta terhadap Sodom dan Gomora (50:33-46). Allah bahkan akan memulangkan dan menyatukan Israel dan Yehuda, mengampuni dosamereka, serta menegakkan perjanjian baru dengan umat-Nya (50:11-20). 

Setiap orang percaya, termasuk Anda, adalah alat-Nya. Syukurilah tugas dan peran yang saat ini Allah percayakan untuk dipakai melayani dan memberkati banyak orang seperti yang Yesus lakukan (Matius 20:27-28). Hindarilah dosa kekurangajaran Babel terhadap Allah. Jangan bertindak melampaui batas atau menyalahgunakan wewenang Anda. [ICW 

“Akan tetapi, jikalau hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya:
Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba
laki-laki dan hamba-hamba perempuan, ... tuan hamba itu akan datang
pada hari yang tidak disangkakannya, ..., dan akan membunuh dia ....”
Lukas 12:45-46