Hidup di hadapan TUHAN yang Mengenal Aku

Bacaan Alkitab hari ini:

Mazmur 139

Apa yang akan Anda lakukan saat Anda tahu atau diberitahu bahwa Tuhan melihat seluruh hidup Anda? Mungkin ada orang yang tidak perduli dan tetap menjalani hidup seenaknya sendiri, tetapi mungkin pula ada orang yang berusaha untuk hidup lebih baik, melakukan aktivitas rohani lebih banyak, melayani lebih giat, dan berbuat kebaikan lebih banyak. Bagaimana dengan Anda?

Mazmur 139 memperlihatkan perenungan dan doa Daud yang amat jujur dan terbuka di hadapan Tuhan. Daud sadar sepenuhnya bahwa Tuhan itu Mahatahu, Mahakuasa dan Mahahadir. Tuhan mengenal diri kita sepenuhnya, mengetahui keadaan dan pikiran kita, bahkan tahu apa yang akan kita katakan. Tuhan selalu hadir dan melihat di mana pun kita berada. Tuhan menciptakan kita dengan ajaib, bahkan Tuhan memahami hari depan kita. Kesadaran akan semua itu membuat Daud begitu kagum, bersyukur, dan rindu untuk selalu hidup benar dan berkenan di hadapan Tuhan. Oleh karena itu, dengan rendah hati, ia meminta Tuhan menyelidiki hati dan pikirannya, agar jangan sampai ia berjalan di jalan yang serong. Ia memohon agar Tuhan selalu menuntunnya di jalan yang kekal. Inilah respons yang luar biasa dari Daud yang disebut Tuhan sebagai “seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku” (Kisah 13:22).

Bagaimana kehidupan Anda hari ini? Saat menyadari bahwa Tuhan yang Mahakuasa itu hadir, mengetahui, dan melihat seluruh hidup Anda, sudahkah Anda hidup di hadapan Tuhan dengan hati dan pikiran yang benar dan berkenan di hadapan-Nya serta selalu memohon tuntunan-Nya setiap hari, sehingga apa pun yang Anda lakukan, termasuk seluruh perbuatan dan pelayanan Anda, keluar dari hidup yang berkenan di hadapan Tuhan. [SS]

Mazmur 139:23-24
“Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!”