Tempat Perlindungan

Bacaan Alkitab hari ini:

Mazmur 142-143

Pada umumnya, setiap orang pernah mengalami masa sulit, terpojok, kehilangan semangat, terancam, sendiri (tidak ada yang menemani atau yang menghibur). Keadaan semacam itu juga pernah, bahkan sering, dialami oleh Daud saat beliau belum menjadi raja. Mazmur yang kita baca hari ini merupakan ungkapan isi hati Daud saat dia melarikan diri dan bersembunyi di suatu gua, karena dia dikejar-kejar dan hendak dibunuh oleh Raja Saul. Sekalipun Daud disertai oleh sekitar 400 orang pelarian (1 Samuel 22:1-2), dan terus bertambah sampai mencapai 600 orang (23:13), namun Daud merasa sendirian (tidak terlindung) dan kehilangan semangat (Mazmur 142:4) sehingga dia mengeluh, “tidak ada seorang pun yang menghiraukan aku” (142:5). Dalam keadaan seperti itu, Daud berseru kepada TUHAN serta mengemukakan keluh kesahnya ke hadapan TUHAN (142:2-3). Tindakan mencari TUHAN dan mengemukakan seluruh keluh kesah kepada TUHAN itu membuat Daud pada akhirnya bisa berkata kepada TUHAN,“Engkaulah tempat perlindunganku, bagianku di negeri orang-orang hidup!” (142:6).

Apakah Anda sedang menghadapi masalah berat dalam hidup Anda dan Anda belum menemukan jalan keluar? Apakah teman-teman Anda hanya orang-orang tak berdaya yang tidak mampu menolong, sehingga Anda merasa sendirian? Apakah Anda justru menghadapi ancaman dari rekan atau atasan Anda? Bila Anda mempercayai Tuhan Yesus, renungkanlah undangan-Nya, “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Matius 11:28). Serahkanlah semua beban dan masalah kita kepada Tuhan Yesus, karena Dialah Tempat Perlindungan kita. [P]

Mazmur 143:8b-9
“Beritahukanlah aku jalan yang harus kutempuh, sebab kepada-Mulah kuangkat jiwaku. Lepaskanlah aku dari pada musuh-musuhku, ya TUHAN, pada-Mulah aku berteduh.”