Surat Tuhan Yesus kepada Gereja-gereja-Nya (1)

Bacaan Alkitab hari ini:

Wahyu 2

Bagian ini terdiri dari empat surat yang dikirim oleh Yohanes kepada empat jemaat, yaitu jemaat di kota Efesus, Smirna, Pergamus, dan Tiatira. Kota-kota ini (dan tiga kota lainnya, yaitu Sardis, Filadelfia, dan Laodikia) disebut secara berurutan sesuai dengan letak geografisnya yang agak melingkar. Urutan seperti ini memudahkan perjalanan orang yang mengantar surat-surat tersebut.

Keempat surat yang ditulis oleh Rasul Yohanes ini memiliki fitur yang kurang lebih sama, yaitu gambaran tentang siapa Yesus Kristus, pujian kepada jemaat, teguran, panggilan untuk bertobat, janji bagi yang menang, dan pernyataan bahwa surat tersebut harus diedarkan supaya bisa dibaca oleh orang-orang Kristen lainnya. Ada dua jemaat yang tidak ditegur, yaitu Jemaat Smirna dan Jemaat Filadelfia (mereka beriman, walaupun mereka miskin dan tidak memiliki banyak kekuatan, 2:9; 3:8). Satu-satunya jemaat yang tidak dipuji adalah jemaat Laodikia yang mengganggap diri mereka kaya dan tidak kekurangan apa pun (3:17).

Bacalah dengan teliti keempat surat ini! Perhatikanlah bagaimana Tuhan Yesus menggambarkan diri-Nya dalam keempat surat ini! Renungkan juga bagaimana isi hati Tuhan Yesus terhadap jemaat-Nya! Apa saja yang Dia sukai dari suatu jemaat sehingga jemaat itu memperoleh pujian? Apa saja yang tidak Dia sukai dari suatu jemaat sehingga Dia menegur jemaat itu dengan sangat keras? Saat ini, apakah Anda melakukan kesalahan yang sama dengan kesalahan jemaat saat itu? Perhatikan perintah Tuhan Yesus agar jemaat bertobat dari kesalahan mereka (2:5, 16, 21). Apakah teguran Tuhan Yesus kepada jemaat saat itu cocok dengan situasi Anda saat ini? [AH]

Wahyu 2:4-5a
“Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula. Sebab itu ingatlah betapa dalamnya enggkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan.”