Peperangan Rohani

Bacaan Alkitab hari ini:

Daniel 10:1-11:1

Daniel berkabung selama tiga minggu setelah mendapat peng-lihatan tentang “kesusahan besar” (10:1). Kata dalam bahasa asli Alkitab yang diterjemahkan sebagai “kesusahan” menunjuk kepada “perang” atau “konflik”. Setelah perkabungan itu, seorang malaikat datang dan memberitahu Daniel tentang hal-hal yang sedang terjadi yang tidak terlihat manusia, yaitu tentang konflik (peperangan) antara para malaikat Tuhan dengan para malaikat yang jatuh karena menentang Allah. Pribadi yang menyentuh Daniel dan berbicara kepadanya menyebut Mikhael sebagai salah seorang pemimpin (malaikat) yang terkemuka (10:13; Wahyu 12:7). Jelas bahwa pribadi yang berbicara kepada Daniel adalah malaikat (10:13, 20), dan peperangan yang terjadi adalah peperangan antara para malaikat Allah (termasuk Mikhael) dengan para malaikat yang jatuh ke dalam dosa. Para malaikat yang jatuh itu disebut sebagai pemimpin kerajaan orang Persia (10:13) dan pemimpin orang Yunani (10:20). Mereka menguasai hati para raja Persia dan Yunani untuk melakukan apa yang jahat.

Teks firman Tuhan hari ini mengingatkan kita untuk waspada terhadap hal-hal yang tidak kelihatan yang berasal dari iblis. Sadarilah bahwa ada kuasa yang nyata dari si Iblis—di dunia spiritual—yang terus bekerja untuk melawan kuasa Allah dan menjatuhkan orang percaya (lihat Efesus 6:12). Selama kita masih hidup di dunia, perjuangan kita memelihara iman bukan saja melawan hal-hal yang kasat mata, tetapi melawan kuasa si jahat yang terus bekerja dengan giat untuk mengalahkan kita!Kita harus selalu memperlengkapi diri dengan senjata rohani, yaitu doa dan firman Tuhan! Apakah Anda telah memakai senjata rohani yang disediakan Tuhan itu? [WY]

1 Petrus 5:8“Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.”