Penolong Yang Lain

Bacaan Alkitab hari ini : Yohanes 14:15-26; 16:4-15

Sebelum Tuhan Yesus menapaki jalan sengsara, Ia menjanjikan kehadiran "seorang Penolong yang lain" untuk menyertai murid-murid-Nya. Tuhan Yesus tahu bahwa kebersamaan dengan murid-murid-Nya tidaklah permanen. Ia tahu bahwa Ia akan ditangkap, disiksa, mengalami kematian di atas kayu salib, dikuburkan, dibangkitkan pada hari yang ketiga, lalu kembali kepada Bapa. Kondisi itulah yang membuat Dia menjanjikan kehadiran Roh Kudus yang akan menyertai para murid.

Roh Kudus akan hadir menggantikan dan sekaligus melanjutkan karya Tuhan Yesus. Sama seperti Tuhan Yesus bersama-sama dengan para murid dan mengajar mereka, Roh Kudus pun akan menyertai dan mengajar mereka (14:16-17). Tuhan Yesus diutus dan melayani dalam nama Bapa (5:43), sedangkan Roh Kudus diutus dan berkarya dalam nama Tuhan Yesus (14:26). Tuhan Yesus, Sang Kebenaran, mengajarkan kebenaran pada murid-murid-Nya (14:6), sedangkan Roh Kudus, Sang Roh Kebenaran, menuntun para murid ke dalam seluruh kebenaran (16:13).

Peranan Roh Kudus bagi murid-murid Tuhan Yesus sangat penting dan vital. Dia adalah "Penolong yang lain" yang senantiasa menyertai, mengajar, menuntun, dan menguatkan para murid Kristus. Saat ini, jika Anda adalah murid Tuhan Yesus yang sejati, maka Roh Kudus berdiam di dalam diri Anda. Apakah Anda menyadari kehadiran-Nya dalam hidup Anda? Apakah Anda telah mengucap syukur kepada Allah karena Allah telah mengaruniakan "Penolong yang lain" kepada Anda? Apakah Anda selalu taat kepada pimpinan-Nya dan pengajaran-Nya? [WF]

Aku akan minta kepada Bapa,
dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain,
supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya.
Yohanes 14:16