Roh Kudus Dan Penderitaan

Bacaan Alkitab hari ini : 1 Petrus 4

Rangkaian renungan tentang Roh Kudus selama beberapa hari ini mungkin membuat kita menyimpulkan bahwa Roh Kudus adalah kunci untuk memiliki kehidupan Kristen yang berhasil. Anggapan itu tidak sepenuhnya salah. Namun, kelirulah jika kita beranggapan bahwa dipenuhi Roh Kudus membuat hidup kita menjadi kebal dari segala jenis masalah dan kesulitan.

Dalam bacaan Alkitab hari ini, kita bisa membaca bahwa Rasul Petrus mengajar dan memberi penguatan terhadap para anggota jemaat yang kemungkinan besar sedang mengalami penganiayaan. Mengalami penderitaan karena kebenaran adalah hal yang wajar bagi orang Kristen (4:12). Tuhan Yesus adalah Pribadi yang dipenuhi Roh Kudus secara sempurna dan hidup-Nya tidak lepas dari penderitaan (lihat 2:21-24; 3:17-18; 4:1). Jika Tuhan Yesus yang demikian sempurna saja mengalami penderitaan karena mencintai dan memberitakan kekudusan serta kebenaran, tidaklah mengherankan bila para pengikut-Nya mengalami penderitaan juga. Itulah kenyataan yang dialami oleh para rasul dan jemaat mula-mula. Oleh sebab itu, Rasul Petrus menasihati para pembacanya supaya mereka memandang sebagai kebahagiaan apabila mereka dianiaya karena nama Kristus, sebab "Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu" (4:14). Dipenuhi Roh Kudus mungkin saja bersamaan dengan datangnya cemoohan dan pengucilan, siksa atau aniaya, serta penjara.

Saat ini, jika Anda rindu untuk dipenuhi Roh Kudus, Anda perlu menyiapkan hati seandainya hal itu berarti Anda harus mengalami ketidaknyamanan dan kesulitan. Siapkah Anda untuk tetap tunduk pada Roh Kudus sekalipun Anda mengalami kesulitan, bahkan penganiayaan? [WF]

Berbahagialah kamu jika kamu dinista kar ena nama Kristus,
sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.
1 Petrus 4:14