Fokus Hidup Berdasarkan pada Firman Tuhan

Bacaan Alkitab hari ini : Mazmur 119:1-32

Mazmur 119 merupakan pasal terpanjang dalam Alkitab. Mazmur 119 ini terdiri dari 176 ayat. Pesan dan penekanan Mazmur 119 sangat jelas, yaitu berkaitan dengan Taurat TUHAN. 176 ayat dalam pasal 119 ini membahas pesan tentang pentingnya Taurat TUHAN.

Dalam bacaan Alkitab hari ini, pemazmur mengajak bangsa Israel untuk kembali memikirkan apakah hidup yang selama ini mereka jalankan sudah didasarkan pada Taurat TUHAN. Tanda dari kehidupan yang didasarkan pada Taurat Tuhan adalah kesetiaan memegang peringatan TUHAN secara terusmenerus sebagai suatu kegemaran (119:2, 24), berjalan di jalan yang TUHAN tunjukkan (119:3), setia mempelajari hukum Tuhan yang adil (119:7), tidak menyimpang dari perintah Tuhan (119:10), setia merenungkan dan mengamati jalan Tuhan (119:15), dan tidak melupakan firman Tuhan (119:16). Bila Taurat TUHAN menjadi dasar dalam menjalani hidup, bangsa Israel akan sanggup menjalani kehidupan yang sesuai dengan kehendak TUHAN, sehingga TUHAN berkenan atas hidup mereka dan mereka disebut berbahagia.

Pemazmur mengingatkan umat Allah untuk menempatkan firman Tuhan dalam posisi yang tepat, yaitu sebagai menu utama bagi kebutuhan spiritual kita, bukan sebagai menu pelengkap. Firman Tuhan harus menjadi fondasi dalam menjalani hidup Anda. Dengan demikian, ketaatan dan sukacita akan menjadi bagian dari hidup Anda, dan selanjutnya TUHAN akan memberikan kebahagiaan dalam hidup Anda. Apakah kehidupan Anda sudah didasarkan pada firman Tuhan? Teruslah dalam anugerah Tuhan untuk semakin mengenal, memahami, dan melakukan firman Tuhan! [R]

Berbahagialah orang�orang yang
hidupnya tidak bercela, yang hidup menurut Taurat TUHAN.
Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-
peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati.
Mazmur 119:1-2